Sabtu, 10 Juni 2017

PA Kategorial GBKP Tgl. 11 - 17 Juni 2017

PA MAMRE GBKP TGL. 11 - 17 JUNI 2017
Nrs. Pdt. L. br. Sinuhadji (Bp. Rey Tarigan)

Diakonia Transformatif : MEA, Koperasi Wadah Peningkatan Ekonomi

Ogen : Filipi 2:1-4
Tema : SISAMPAT-SAMPATEN (PELAYANEN SI TRANSFORMATIF)
Tujun : Gelah Mamre reh ngasupna nehken kekelengen arah peningkaten ekonomi
Metode : Brainstorming (Curah Pendapat)

Penjelasen Bahan Ogen & Relevansi

Perpulungen Filipi e me rasul Paulus si mantekisa (Perb. Rasul 16:13-40). Filipi e me kota si penting i bas propinsi Makedoni sebab selain ndeher ras tambang emas, kota e merupaken penghubung jalur militer ras perdagangen i timur nari ku daerah barat kekaisaran Romawi. I bas propinsi Makedonia pada umumna, diberu ndatken peran sosial ras peluang ekonomi si mbelin asangken i bas ingan si debanna i bas kekaisaran Romawi, e maka i bas Perb. Rasul 16:13-14, ituriken kerna Lidia sekalak pebisnis diberu si pemenana datken Berita si Meriah i kota Filipi. I bas penjelasen singkat kerna latar belakang kota Filipi enda, banci sibayangken maka keadaan ekonomi i bas perpulungen Filipi termasuk i bas golongen menengah ku datas erkiteken perekonomian kotana pe maju ras berkembang.
I bas keberhasilen secara ekonomi enda, labo erbahanca perpulungen Filipi lupa ermediate i bas nampati dahin-dahin pelayanen i bas gereja Tuhan. I bas surat rasul Paulus man perpulungen Filipi teridah maka perpulungen e tuhu-tuhu mendukung pelayanen rasul Paulus baik i bas pertoton bage pe secara material. Mungkin erkiteken keleng ate ras mediate si mbelin si lit i bas perpulungen Filipi erbahanca perpulungen e memiliki hubungen si ndeher ras rasul Paulus. Hubungen si ndeher antara rasul Paulus ras perpulungen Filipi teridah jelas i bas suratna man perpulungen Filipi. Secara garis besar tujun surat man perpulungen Filipi e me : 1) Pengataken bujur rasul Paulus erkiteken dukungen ras penampat si enggo isehken perpulungen e i bas dahin-dahin pelayanenna (Fil. 1:5; 4:10-19). 2) Ituriken rasul Paulus kai si nialamina i bas pelayanenna erkiteken surat enda itulisken rasul Paulus i bas penjara nari (Fil. 1:7-17). 3) Mpegegehi perpulungen gelah reh paguhna i bas erkiniteken man Yesus Kristus janah la terpengaruh ajaren-ajaren si papak (Fil. 3:2-11).
Bahan ogenta sendah e me pedah-pedah si isehken rasul Paulus i bas rangka semakin mpegegehi kiniteken perpulungen erpalasken teladan Yesus Kristus. I bas ay. 1 teridah maka perpulungen e enggo tuhu-tuhu nggeluh i bas Kristus si erbahanca perpulungen e megegeh. Keleng ate Kristus enggo lit i bas perpulungen e si erbahanca perpulungen e terapul. Enggo lit kerembaken ras Kesah Dibata, janah perpulungen e enggo nggeluh sikeleng-kelengen sada ras si debanna. I bas terj. BIS-BIMK lebih jelas nina, “Kalian kuat, karena kalian bersatu dengan Kristus. Dan kalian terhibur karena Kristus mengasihimu! Roh Allah telah membuat kalian hidup erat dan rukun satu sama lain, dan kalian juga saling mengasihi serta menaruh belas kasihan satu sama lain”. Erpalasken ay. 1 ndai, ay. 2 e me pengajuk gelah reh meningkatna kerina si enggo ilakoken perpulungen e. Ay. 2 i bas bhs. Ind. ikataken nina, “Sempurnakanlah sukacitaku”, ertina kualitas ras kuantitas kiniersadaan arih ras sikeleng-kelengen si lit i bas perpulungen e arus semakin isempurnaken. I bas peningkaten kualitas ras kuantitas kiniteken enda maka kerangapen, ukur meganjang, ras egoisme pribadi arus imasapken (ay. 3-4), janah perpulungen arus tetap ngusih Tuhan Yesus alu la erngadi-ngadi (ay. 5, “Perukurenndu bali min ras perukuren Kristus Yesus”).
Arah penjelasen kerna ogenta sendah, teridah maka palas si erbahanca perpulungen Filipi enda erkeleng ate ras mediate sada ras si debanna e me erkiteken enggo lit persadan si tuhu-tuhu ras Kristus, janah enggo lit kerembaken si tuhu-tuhu ras Kesah Dibata. Enda hal si pentingna kel. Bicara musil pe perpulungen e adi palas kinitekenna enggo paguh maka perpulungen e tetap ngasup ngataken bujur ras nehken kekelengen (bdk. 2 Kor. 8). Bage pe sebalikna, bicara megegeh pe perpulungen secara ekonomi tapi adi palasna kerangapen, ukur meganjang, ras egoisme pribadi, maka si terjadi e me kehancuren.     
PA Mamrenta sendah lit i teruh judul “Diakonia Transformatif : MEA, Koperasi Wadah Peningkatan Ekonomi”, tema “Sisampat-sampaten (Pelayanen Si Transformatif)” alu tujun gelah Mamre reh ngasupna nehken kekelengen arah peningkaten ekonomi. Arah judul, tema ras tujun enggo jelas maka i bas PA-nta sendah iajuk kita gelah semakin meningkatken ekonominta, bage pe ekonomi sapih-sapihta sada perpulungen, gelah reh ngasupna kita nehken kekelengen. E me salah sada bentuk i bas kita er-diakonia. Arah ogenta sendah jelas maka palas kita er-diakonia e me keleng ate Yesus Kristus. Bagi ogenta sendah, persadan si tuhu-tuhu ras Kristus bage pe kerembaken si tuhu-tuhu ras Kesah si Badia erbahanca perpulungen Filipi erkeleng ate, ermediate, mendukung dahin pelayanen baik i bas pertoton bage pe i bas dukungan material, sisampat-sampaten sada ras si debanna, i bas status ekonomina si sukses. Ertina peningkaten ekonomi arus ipalasi alu kualitas kiniteken si paguh.
Gereja si nggeluh e me gereja si er-diakonia, janah peningkaten ekonomi jemaat merupaken salah sada bentuk i bas kita er-diakonia. Lit telu bentuk diakonia si enggo iupayaken ilakoken i GBKP, e me karitatif, reformatif, ras transformatif. Diakonia si bentukna karitatif akap kami enggo nai-nai nari ilaksanaken kita. Diakonia bentuk reformatif pe akap kami enggo silaksanaken, umpamana Credit Union Modifikasi (CUM). I bas gerejanta enggo ndekah isosialisasiken kerna manfaat CUM enda. Enggo melala runggun si lit CUM-na janah enggo melala perpulungenta si ngenanami manfaat i bas peningkaten ekonomina arah litna CUM enda. Mungkin diakonia bentuk transformatif perlu denga sikembangken. Analogina, bukan hanya memberikan ikan, beras (karitatif), kail dan cangkul (reformatif), tetapi juga hak untuk mengail dan mencangkul di sungai atau ladang milik leluhur mereka (transformatif). Ertina titik fokus diakonia transformatif enda lebih ku bas merubah pola pikir, penyadaran kerna hak-hak, advokasi, rsd. Si mehulina telu bentuk diakonia enda silaksanaken gelah mencakup kegeluhen manusia si sifatna holistik.

PA MORIA GBKP TGL. 11 - 17 JUNI 2017
(Fikki Susanti br. Situmorang - Mhs. Praktek)

Nats : Yohanes 4:21-42
Tema : MORIA SI ERBERITA
Tujun : Gelah  Moria :
1) Niksiki perubahen si jadi i bas diberu Samaria erkiteken perjumpaan ras Jesus
2) Tetap ikut muat bagin i bas pelayanen Gereja (Tri Tugas Gereja)

Pendahuluan

Injil Yohanes merupakan penuh dengan kisah orang-orang yang hidupnya diubahkan ketika bertemu Yesus. Tidak terkecuali dengan nats kita pada saat ini di dalam Yohanes 4:21-42 dimana seorang perempuan Samaria yang datang kesumur dengan masalah hidup yang dialaminya, disana ia bertemu dengan Yesus dan justru ia mendapatkan wawasan baru melalui dialog teologis dengan Yesus sendiri yang memulihkan dirinya dan hidupnya diubahkan oleh Yesus. Setelah ia mendapat wawasan yang baru dan mengalami perubahan maka ia pun menceritakan yang ia alami itu kepada orang-orang Samaria yang ada bersama-sama dengan perempuan itu (ayat 39). Sehingga melalui nats ini kita diajak tidak hanya sebagai pendengar saja tetapi juga menjadi pelaku firman.

Isi

Ada hal yang harus dipahami pada kalangan perempuan Samaria dimana mereka memiliki kebiasaan mengambil air itu biasanya dilakukan berkelompok, namun lain halnya dengan perempuan Samaria yang satu ini ia mengambil air sendirian, ini berarti bahwa ia dikucilkan kaumnya, karena gaya hidupnya. Ketika itu Yesus dan muridnya hendak kembali ke Galilea dan mereka melintasi Samaria, dan berhenti di sebuah sumur untuk beristirahat lalu Yesus melihat perempuan sedang megambil air. Dan ketika Yesus meminta air kepada perempuan Samaria itu ia mengetahui bahwa Yesus adalah orang Yahudi (kemungkinan ia mengetahui dari logat bicara Yesus). Orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria (itu sebabnya perempuan itu merasa heran ketika Yesus mau berbicara kepada nya yang seorang Samaria dan ia juga adalah orang yang dikucilkan oleh kaumnya sendiri), karena menurut tradisi orang Yahudi orang Samaria adalah kafir, marjinal. Jadi kedua ras ini sangat terpisah,  seharusnya dalam kasus ini Yesus sebagai orang Yahudi tidak berbicara dengan perempuan Samaria ini dan sampai meminta air kepada perempuan itu. Namun Yesus dalam pelayanannya menentang itu semua, baik orang Samaria atau orang Yahudi harus perlu diubahkan cara pandang pikir nya kedua perlu diperbahrui supaya tidak ada lagi pembedaan.
Percakapan antara Yesus dan perempuan Samaria dimana ia telah menerima stigma buruk sebagai perempuan yang tidak benar (ayat 17-18 ), sehingga ia tidak memiliki teman sesamanya untuk mengambil air disumur. Permasalahan perempuan Samaria ini adalah Ia memiliki 6 teman laki-laki tetapi tidak suaminya, ia tidak mendapat kepuasan dari laki-laki yang telah bersamanya. Air sumur adalah symbol dari hal duniawi yang hanya memberi kesegaran sementara, namun air hidup akan menyegarkan secara terus-menerus yaitu Roh Kudus di dalam orang percaya. Perempuan ini telah mengalami perubahan segera setelah Yesus berbicara tentang masalah kehidupan pribadinya.
Setelah berbicara tentang masalah moral maka pembicaraan Yesus dengan perempuan Samaria itu beralih kepada masalah agamawi, dimana ayat 20-21 menyebutkan soal tempat peribadahan, yaitu perbedaan antara ibadah orang Samaria dan orang Yahudi. Masalah arah tempat peribadahan dimana orang Samaria menyembah di gunung dan orang Yahudi di Yerusalem (kiblat), Yesus mengatakan bahwa tidak ada lagi patokan untuk menyembah Allah dimana saja boleh artinya kiblat tidak ada lagi, baik digunung maupun di Yerusalem.  Ibadah orang-orang Samaria adalah ibadah yang kacau atau bercampur dengan kebiasaan kafir (band. 2 Raja-raja 17:33). Meskipun mereka menerima ke-5 Kitab Musa namun mereka tidak menyembah Allah yang benar (2 Raja-raja 17:29). Sehingga dalam hal ini memang orang Yahudi lebih unggul daripada orang Samaria dalam pengertian Rohaninya. Dalam ayat 22 dikatakan “kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi “ (band. Roma 9:5). Penyembahan di lakukan secara universal tidak dibatasi oleh lokasi atau tempat, karena penyembah sejati menyambah Allah di dalam Roh dan Kebenaran. Sebab Allah itu  adalah Roh (ayat 24). Pengertian Allah itu Roh bukanlah hal yang asing dalam pengertian Yudaisme, tetapi Yesus menekankan bahwa penyembah-Nya pun harus selaras dengan yang disembahnya artinya Formalitas ibadah keagamaan tidak akan meyentuh apa-apa jika dilakukan tanpa roh.
Ayat 25-26 di dalam ayat ini perempuan itu menyinggung tentang datangnya Mesias, lalu Yesus berkata “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau, kata “Akulah Dia” menjelaskan bahwa “ Dia-lah Kiblat itu. Yesus tidak segan-segan untuk memberitahu bahwa Dialah Mesias itu, tidak ada kekuatiran dalam diri Yesus mengatakan bahwa Ia adalah orang Mesias meskipun ketika itu Ia bersama dengan orang Samaria.
Pada ayat 27 , percakapan Yesus dan perempuan itu terhenti ketika para murid Yesus datang yang dimana para murid heran Yesus telah melanggar tidak bisa berbicara dengan orang Samaria. Tetapi para murid sangat menghormati gurunya sehingga mereka tidak berani untuk bertanya. Ayat 28-30 , berita Injil yang disampakan Yesus kepada perempuan mantan pendosa itu, dimana dia telah diperbaharui, ia meninggalkan tempayannya lalu pergi karena ia telah memiliki air hidup. Ketika hidupnya telah diperbaharui oleh Yesus ia pun langsung menyampaikan atau menceritakan berita Rohani kepada orang-orang lain dari kota itu dan bersaksi tentang pengalamannya yang menggetarkan tentang perjumpaannya dengan Yesus Kristus. Dan orang lain yang mendengar itu pun terksesan dan pergi bersama perempuan itu pergi kesumur Yakub dan berjumpa dengan Yesus.
Ayat 31-38, disini para murid menyuruh Yesus agar makan, dan ini merupakan lanjutan dari ajaran Yesus tentang hal-hal rohaniah. “ Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal” maksud kata Aku dan kamu menyatakan bahwa ada perbedaan besar antara Yesus dan murid-murid-Nya, para murid berfikir bahwa Yesus sudah makan dan Yesus menjawab “makananKu ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus aku dan menyelesaikan pekerjaa-Nya” artinya adalah perbuat sesuai dengan kehendak Allah itu harus mendahulukan makanan Jasmani. Lalu Yesus juga membuat kiasan tentang masa tuaian, benih sudah ditabur oleh-Nya kepada satu perempuan yaitu pemberitaan Injil dan pekerjaan Yesus menabur akan Ia lakukan sampai pekerjaa-Nya selesai (band. Yoh. 17:4). Maksud 4 bulan adalah gambaran moral masa penantian panen, tetapi dengan segera para murid dapat melihat hasil tuaian yang sudah menguning (maksudnya adalah mereka orang Samaria yang datang) dari hasil penaburan-Nya itu. Yesus menerangkan sebuah ilustrasi-Nya dengan menunjukkan sebuah prinsip rohani, bahwa seorang penuai patut menerima upah. Artinya Yesus mengingatkan bahwa mereka harus menyelesaikan pekerjaan menabur yang sudah dilakukan-Nya kepada perempuan itu, dan perempuan itu pun juga menabur benih keselamatan kepada orang lain.
Pada ayat 39-42 di katakana disana banyak orang yang telah menjadi percaya kepada Tuhan dari kesaksian yang dilakukan oleh perempuan itu, dan atas permintaan mereka Yesus pun tinggal selama 2 hari ditengah-tengah orang Samaria. Dan dalam dua hari itu semakin banyak orang yang percaya bahwa Yesus adalah Juruselamat dunia.

Aplikasi

a. Perubahan sejati adalah tahu akan dosa yang telah diperbuat, dan mau untuk mengakuinya di hadapan Tuhan, sadar akan dosa yang telah diperbuat dan mau untuk meninggalkan dosa yang telah di lakukan dan bertobat kepada Allah, dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.
b. Sebagai Respon dari perubahan maka mau untuk memberitakan kabar baik kepada orang-orang yang ada disekeliling kita, dengan kata lain sebagai orang sudah menerima keselamatan hendaknya kita jangan berdiam diri saja tetapi mau untuk membawa perubahan bagi orang lain, supaya orang lain juga menerima keselamatan itu. Seperti perempuan samaria yang bertemu dengan Yesus ia mengalami keselamatan dan perubahan ia juga memberitakan yang ia alami kepada orang-orang yang ada disekitarnya sehingga orang lain itu juga menjadi percaya kepada Yesus
c. Untuk perempuan sekarang ini juga jangan hanya berdiam diri saja, tetapi mari tunjukkan bahwa perempuan juga harus berani untuk menegakkan kebenaran meskipun orang lain tidak suka dengan kita, tetapi harus mampu untuk menjadi penabur-penabur firman dan pada akhirnya juga akan menuai yang baik
d. Allah tidak hanya memilih orang baik saja  yang akan Ia pakai untuk menjadi saluran berkat, baik orang Yahudi maupun non Yahudi, baik seorang pendosa pun bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain, perempuan samaria telah membuktikannya betapa hidupnya dulu adalah penuh dosa tetapi ia telah menerima air kehidupan yang memberi kepuasan pada dirinya. Dan sebaliknya ia juga memancarkan kasih karunia itu kepada orang lain juga.
e. Dari nats ini juga kita mengetahui bahwa setiap orang sudah yang sudah mengenal Yesus mengalami perubahan dalam hidupnya menjadi manusia yang lebih baik. Sehingga ketika sudah mengalami perubahan maka memberitakan juga kepada orang lain, supaya semakin banyak yang percaya, sama seperti perempuan samaria banyak orang yang percaya atas kesaksian yang dialami oleh perempuan samaria yang dimana dia dulunya adalah orang yang dikucilkan oleh kaumnya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar