PA
MAMRE GBKP TGL. 11 - 17 JUNI 2017
Nrs. Pdt. L. br. Sinuhadji (Bp. Rey Tarigan)
Diakonia
Transformatif : MEA, Koperasi Wadah Peningkatan Ekonomi
Ogen : Filipi 2:1-4
Tema : SISAMPAT-SAMPATEN (PELAYANEN SI
TRANSFORMATIF)
Tujun : Gelah Mamre reh ngasupna nehken
kekelengen arah peningkaten ekonomi
Metode : Brainstorming (Curah Pendapat)
Penjelasen Bahan Ogen & Relevansi
Perpulungen Filipi e me rasul Paulus
si mantekisa (Perb. Rasul 16:13-40). Filipi e me kota si penting i bas propinsi
Makedoni sebab selain ndeher ras tambang emas, kota e merupaken penghubung
jalur militer ras perdagangen i timur nari ku daerah barat kekaisaran Romawi. I
bas propinsi Makedonia pada umumna, diberu ndatken peran sosial ras peluang
ekonomi si mbelin asangken i bas ingan si debanna i bas kekaisaran Romawi, e
maka i bas Perb. Rasul 16:13-14, ituriken kerna Lidia sekalak pebisnis diberu
si pemenana datken Berita si Meriah i kota Filipi. I bas penjelasen singkat
kerna latar belakang kota Filipi enda, banci sibayangken maka keadaan ekonomi i
bas perpulungen Filipi termasuk i bas golongen menengah ku datas erkiteken
perekonomian kotana pe maju ras berkembang.
I bas keberhasilen secara ekonomi
enda, labo erbahanca perpulungen Filipi lupa ermediate i bas nampati
dahin-dahin pelayanen i bas gereja Tuhan. I bas surat rasul Paulus man
perpulungen Filipi teridah maka perpulungen e tuhu-tuhu mendukung pelayanen
rasul Paulus baik i bas pertoton bage pe secara material. Mungkin erkiteken
keleng ate ras mediate si mbelin si lit i bas perpulungen Filipi erbahanca
perpulungen e memiliki hubungen si ndeher ras rasul Paulus. Hubungen si ndeher
antara rasul Paulus ras perpulungen Filipi teridah jelas i bas suratna man
perpulungen Filipi. Secara garis besar tujun surat man perpulungen Filipi e me
: 1) Pengataken bujur rasul Paulus erkiteken dukungen ras penampat si enggo
isehken perpulungen e i bas dahin-dahin pelayanenna (Fil. 1:5; 4:10-19). 2)
Ituriken rasul Paulus kai si nialamina i bas pelayanenna erkiteken surat enda
itulisken rasul Paulus i bas penjara nari (Fil. 1:7-17). 3) Mpegegehi
perpulungen gelah reh paguhna i bas erkiniteken man Yesus Kristus janah la
terpengaruh ajaren-ajaren si papak (Fil. 3:2-11).
Bahan ogenta sendah e me pedah-pedah
si isehken rasul Paulus i bas rangka semakin mpegegehi kiniteken perpulungen
erpalasken teladan Yesus Kristus. I bas ay. 1 teridah maka perpulungen e enggo
tuhu-tuhu nggeluh i bas Kristus si erbahanca perpulungen e megegeh. Keleng ate
Kristus enggo lit i bas perpulungen e si erbahanca perpulungen e terapul. Enggo
lit kerembaken ras Kesah Dibata, janah perpulungen e enggo nggeluh
sikeleng-kelengen sada ras si debanna. I bas terj. BIS-BIMK lebih jelas nina, “Kalian
kuat, karena kalian bersatu dengan Kristus. Dan kalian terhibur karena Kristus
mengasihimu! Roh Allah telah membuat kalian hidup erat dan rukun satu sama lain,
dan kalian juga saling mengasihi serta menaruh belas kasihan satu sama lain”.
Erpalasken ay. 1 ndai, ay. 2 e me pengajuk gelah reh meningkatna kerina si
enggo ilakoken perpulungen e. Ay. 2 i bas bhs. Ind. ikataken nina,
“Sempurnakanlah sukacitaku”, ertina kualitas ras kuantitas kiniersadaan arih
ras sikeleng-kelengen si lit i bas perpulungen e arus semakin isempurnaken. I
bas peningkaten kualitas ras kuantitas kiniteken enda maka kerangapen, ukur
meganjang, ras egoisme pribadi arus imasapken (ay. 3-4), janah perpulungen arus
tetap ngusih Tuhan Yesus alu la erngadi-ngadi (ay. 5, “Perukurenndu bali min
ras perukuren Kristus Yesus”).
Arah penjelasen kerna ogenta sendah,
teridah maka palas si erbahanca perpulungen Filipi enda erkeleng ate ras mediate
sada ras si debanna e me erkiteken enggo lit persadan si tuhu-tuhu ras Kristus,
janah enggo lit kerembaken si tuhu-tuhu ras Kesah Dibata. Enda hal si pentingna
kel. Bicara musil pe perpulungen e adi palas kinitekenna enggo paguh maka perpulungen
e tetap ngasup ngataken bujur ras nehken kekelengen (bdk. 2 Kor. 8). Bage pe
sebalikna, bicara megegeh pe perpulungen secara ekonomi tapi adi palasna kerangapen,
ukur meganjang, ras egoisme pribadi, maka si terjadi e me kehancuren.
PA Mamrenta sendah lit i teruh judul
“Diakonia Transformatif : MEA, Koperasi Wadah Peningkatan Ekonomi”, tema “Sisampat-sampaten
(Pelayanen Si Transformatif)” alu tujun gelah Mamre reh ngasupna nehken kekelengen arah
peningkaten ekonomi. Arah judul, tema ras tujun enggo jelas maka i bas PA-nta
sendah iajuk kita gelah semakin meningkatken ekonominta, bage pe ekonomi sapih-sapihta
sada perpulungen, gelah reh ngasupna kita nehken kekelengen. E me salah sada
bentuk i bas kita er-diakonia. Arah ogenta sendah jelas maka palas kita
er-diakonia e me keleng ate Yesus Kristus. Bagi ogenta sendah, persadan si
tuhu-tuhu ras Kristus bage pe kerembaken si tuhu-tuhu ras Kesah si Badia erbahanca
perpulungen Filipi erkeleng ate, ermediate, mendukung dahin pelayanen baik i
bas pertoton bage pe i bas dukungan material, sisampat-sampaten sada ras si
debanna, i bas status ekonomina si sukses. Ertina peningkaten ekonomi arus ipalasi
alu kualitas kiniteken si paguh.
Gereja si nggeluh e me gereja si
er-diakonia, janah peningkaten ekonomi jemaat merupaken salah sada bentuk i bas
kita er-diakonia. Lit telu bentuk diakonia si enggo iupayaken ilakoken i GBKP,
e me karitatif, reformatif, ras transformatif. Diakonia si bentukna karitatif
akap kami enggo nai-nai nari ilaksanaken kita. Diakonia bentuk reformatif pe
akap kami enggo silaksanaken, umpamana Credit Union Modifikasi (CUM). I bas
gerejanta enggo ndekah isosialisasiken kerna manfaat CUM enda. Enggo melala runggun
si lit CUM-na janah enggo melala perpulungenta si ngenanami manfaat i bas
peningkaten ekonomina arah litna CUM enda. Mungkin diakonia bentuk
transformatif perlu denga sikembangken. Analogina, bukan hanya memberikan ikan,
beras (karitatif), kail dan cangkul (reformatif), tetapi juga hak untuk mengail
dan mencangkul di sungai atau ladang milik leluhur mereka (transformatif).
Ertina titik fokus diakonia transformatif enda lebih ku bas merubah pola pikir,
penyadaran kerna hak-hak, advokasi, rsd. Si mehulina telu bentuk diakonia enda silaksanaken
gelah mencakup kegeluhen manusia si sifatna holistik.
PA
MORIA GBKP TGL. 11 - 17 JUNI 2017
(Fikki Susanti br. Situmorang - Mhs. Praktek)
Nats : Yohanes 4:21-42
Tema : MORIA SI ERBERITA
Tujun : Gelah
Moria :
1) Niksiki perubahen si jadi i bas diberu Samaria
erkiteken perjumpaan ras Jesus
2) Tetap ikut muat bagin i bas pelayanen Gereja (Tri
Tugas Gereja)
Pendahuluan
Injil Yohanes merupakan penuh dengan
kisah orang-orang yang hidupnya diubahkan ketika bertemu Yesus. Tidak
terkecuali dengan nats kita pada saat ini di dalam Yohanes 4:21-42 dimana
seorang perempuan Samaria yang datang kesumur dengan masalah hidup yang
dialaminya, disana ia bertemu dengan Yesus dan justru ia mendapatkan wawasan
baru melalui dialog teologis dengan Yesus sendiri yang memulihkan dirinya dan
hidupnya diubahkan oleh Yesus. Setelah ia mendapat wawasan yang baru dan
mengalami perubahan maka ia pun menceritakan yang ia alami itu kepada
orang-orang Samaria yang ada bersama-sama dengan perempuan itu (ayat 39).
Sehingga melalui nats ini kita diajak tidak hanya sebagai pendengar saja tetapi
juga menjadi pelaku firman.
Isi
Ada hal yang harus dipahami pada
kalangan perempuan Samaria dimana mereka memiliki kebiasaan mengambil air itu
biasanya dilakukan berkelompok, namun lain halnya dengan perempuan Samaria yang
satu ini ia mengambil air sendirian, ini berarti bahwa ia dikucilkan kaumnya,
karena gaya hidupnya. Ketika itu Yesus dan muridnya hendak kembali ke Galilea
dan mereka melintasi Samaria, dan berhenti di sebuah sumur untuk beristirahat
lalu Yesus melihat perempuan sedang megambil air. Dan ketika Yesus meminta air
kepada perempuan Samaria itu ia mengetahui bahwa Yesus adalah orang Yahudi
(kemungkinan ia mengetahui dari logat bicara Yesus). Orang Yahudi tidak bergaul
dengan orang Samaria (itu sebabnya perempuan itu merasa heran ketika Yesus mau
berbicara kepada nya yang seorang Samaria dan ia juga adalah orang yang dikucilkan
oleh kaumnya sendiri), karena menurut tradisi orang Yahudi orang Samaria adalah
kafir, marjinal. Jadi kedua ras ini sangat terpisah, seharusnya dalam kasus ini Yesus sebagai
orang Yahudi tidak berbicara dengan perempuan Samaria ini dan sampai meminta
air kepada perempuan itu. Namun Yesus dalam pelayanannya menentang itu semua,
baik orang Samaria atau orang Yahudi harus perlu diubahkan cara pandang pikir
nya kedua perlu diperbahrui supaya tidak ada lagi pembedaan.
Percakapan antara Yesus dan perempuan
Samaria dimana ia telah menerima stigma buruk sebagai perempuan yang tidak
benar (ayat 17-18 ), sehingga ia tidak memiliki teman sesamanya untuk mengambil
air disumur. Permasalahan perempuan Samaria ini adalah Ia memiliki 6 teman
laki-laki tetapi tidak suaminya, ia tidak mendapat kepuasan dari laki-laki yang
telah bersamanya. Air sumur adalah symbol dari hal duniawi yang hanya memberi
kesegaran sementara, namun air hidup akan menyegarkan secara terus-menerus
yaitu Roh Kudus di dalam orang percaya. Perempuan ini telah mengalami perubahan
segera setelah Yesus berbicara tentang masalah kehidupan pribadinya.
Setelah berbicara tentang masalah
moral maka pembicaraan Yesus dengan perempuan Samaria itu beralih kepada
masalah agamawi, dimana ayat 20-21 menyebutkan soal tempat peribadahan, yaitu
perbedaan antara ibadah orang Samaria dan orang Yahudi. Masalah arah tempat
peribadahan dimana orang Samaria menyembah di gunung dan orang Yahudi di
Yerusalem (kiblat), Yesus mengatakan bahwa tidak ada lagi patokan untuk menyembah
Allah dimana saja boleh artinya kiblat tidak ada lagi, baik digunung maupun di
Yerusalem. Ibadah orang-orang Samaria
adalah ibadah yang kacau atau bercampur dengan kebiasaan kafir (band. 2
Raja-raja 17:33). Meskipun mereka menerima ke-5 Kitab Musa namun mereka tidak
menyembah Allah yang benar (2 Raja-raja 17:29). Sehingga dalam hal ini memang
orang Yahudi lebih unggul daripada orang Samaria dalam pengertian Rohaninya.
Dalam ayat 22 dikatakan “kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah
apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi “ (band. Roma
9:5). Penyembahan di lakukan secara universal tidak dibatasi oleh lokasi atau
tempat, karena penyembah sejati menyambah Allah di dalam Roh dan Kebenaran.
Sebab Allah itu adalah Roh (ayat 24).
Pengertian Allah itu Roh bukanlah hal yang asing dalam pengertian Yudaisme,
tetapi Yesus menekankan bahwa penyembah-Nya pun harus selaras dengan yang
disembahnya artinya Formalitas ibadah keagamaan tidak akan meyentuh apa-apa
jika dilakukan tanpa roh.
Ayat 25-26 di dalam ayat ini
perempuan itu menyinggung tentang datangnya Mesias, lalu Yesus berkata “Akulah
Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau, kata “Akulah Dia” menjelaskan
bahwa “ Dia-lah Kiblat itu. Yesus tidak segan-segan untuk memberitahu bahwa
Dialah Mesias itu, tidak ada kekuatiran dalam diri Yesus mengatakan bahwa Ia
adalah orang Mesias meskipun ketika itu Ia bersama dengan orang Samaria.
Pada ayat 27 , percakapan Yesus dan
perempuan itu terhenti ketika para murid Yesus datang yang dimana para murid
heran Yesus telah melanggar tidak bisa berbicara dengan orang Samaria. Tetapi
para murid sangat menghormati gurunya sehingga mereka tidak berani untuk
bertanya. Ayat 28-30 , berita Injil yang disampakan Yesus kepada perempuan mantan
pendosa itu, dimana dia telah diperbaharui, ia meninggalkan tempayannya lalu
pergi karena ia telah memiliki air hidup. Ketika hidupnya telah diperbaharui
oleh Yesus ia pun langsung menyampaikan atau menceritakan berita Rohani kepada
orang-orang lain dari kota itu dan bersaksi tentang pengalamannya yang
menggetarkan tentang perjumpaannya dengan Yesus Kristus. Dan orang lain yang
mendengar itu pun terksesan dan pergi bersama perempuan itu pergi kesumur Yakub
dan berjumpa dengan Yesus.
Ayat 31-38, disini para murid
menyuruh Yesus agar makan, dan ini merupakan lanjutan dari ajaran Yesus tentang
hal-hal rohaniah. “ Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal” maksud kata Aku
dan kamu menyatakan bahwa ada perbedaan besar antara Yesus dan murid-murid-Nya,
para murid berfikir bahwa Yesus sudah makan dan Yesus menjawab “makananKu ialah
melakukan kehendak Dia yang mengutus aku dan menyelesaikan pekerjaa-Nya”
artinya adalah perbuat sesuai dengan kehendak Allah itu harus mendahulukan
makanan Jasmani. Lalu Yesus juga membuat kiasan tentang masa tuaian, benih
sudah ditabur oleh-Nya kepada satu perempuan yaitu pemberitaan Injil dan
pekerjaan Yesus menabur akan Ia lakukan sampai pekerjaa-Nya selesai (band. Yoh.
17:4). Maksud 4 bulan adalah gambaran moral masa penantian panen, tetapi dengan
segera para murid dapat melihat hasil tuaian yang sudah menguning (maksudnya
adalah mereka orang Samaria yang datang) dari hasil penaburan-Nya itu. Yesus
menerangkan sebuah ilustrasi-Nya dengan menunjukkan sebuah prinsip rohani,
bahwa seorang penuai patut menerima upah. Artinya Yesus mengingatkan bahwa
mereka harus menyelesaikan pekerjaan menabur yang sudah dilakukan-Nya kepada
perempuan itu, dan perempuan itu pun juga menabur benih keselamatan kepada
orang lain.
Pada ayat 39-42 di katakana disana
banyak orang yang telah menjadi percaya kepada Tuhan dari kesaksian yang
dilakukan oleh perempuan itu, dan atas permintaan mereka Yesus pun tinggal
selama 2 hari ditengah-tengah orang Samaria. Dan dalam dua hari itu semakin
banyak orang yang percaya bahwa Yesus adalah Juruselamat dunia.
Aplikasi
a. Perubahan sejati adalah tahu akan
dosa yang telah diperbuat, dan mau untuk mengakuinya di hadapan Tuhan, sadar
akan dosa yang telah diperbuat dan mau untuk meninggalkan dosa yang telah di
lakukan dan bertobat kepada Allah, dan tidak akan mengulangi kesalahan yang
sama.
b. Sebagai Respon dari perubahan maka
mau untuk memberitakan kabar baik kepada orang-orang yang ada disekeliling
kita, dengan kata lain sebagai orang sudah menerima keselamatan hendaknya kita
jangan berdiam diri saja tetapi mau untuk membawa perubahan bagi orang lain,
supaya orang lain juga menerima keselamatan itu. Seperti perempuan samaria yang
bertemu dengan Yesus ia mengalami keselamatan dan perubahan ia juga
memberitakan yang ia alami kepada orang-orang yang ada disekitarnya sehingga
orang lain itu juga menjadi percaya kepada Yesus
c. Untuk perempuan sekarang ini juga
jangan hanya berdiam diri saja, tetapi mari tunjukkan bahwa perempuan juga
harus berani untuk menegakkan kebenaran meskipun orang lain tidak suka dengan
kita, tetapi harus mampu untuk menjadi penabur-penabur firman dan pada akhirnya
juga akan menuai yang baik
d. Allah tidak hanya memilih orang
baik saja yang akan Ia pakai untuk
menjadi saluran berkat, baik orang Yahudi maupun non Yahudi, baik seorang
pendosa pun bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain, perempuan samaria
telah membuktikannya betapa hidupnya dulu adalah penuh dosa tetapi ia telah
menerima air kehidupan yang memberi kepuasan pada dirinya. Dan sebaliknya ia
juga memancarkan kasih karunia itu kepada orang lain juga.
e. Dari nats ini juga kita mengetahui
bahwa setiap orang sudah yang sudah mengenal Yesus mengalami perubahan dalam
hidupnya menjadi manusia yang lebih baik. Sehingga ketika sudah mengalami perubahan
maka memberitakan juga kepada orang lain, supaya semakin banyak yang percaya,
sama seperti perempuan samaria banyak orang yang percaya atas kesaksian yang
dialami oleh perempuan samaria yang dimana dia dulunya adalah orang yang
dikucilkan oleh kaumnya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar