Selasa, 16 Februari 2016

Bimbingen PA Kategorial Tgl. 14 - 20 Februari 2016

BIMBINGEN PA MORIA TGL. 14 - 20 FEBRUARI 2016
Pdt. Larena br. Sinuhadji (Nd. Rey Tarigan)

Si man ogen : Kuan-kuanen 14:6-9
Tema : NGGIT ERLAJAR
Tujun : Gelah Moria :
1) Terus erlajar guna ndatken kepentaren
2) Ngembangken kepentarenna guna kiniulin geluhna ras kerina jelma
Metode PA : Rekoleksi


Penjelasen Bahan Pustaka Si Badia

Kitab Kuan-kuanen isina kerna ajaren-ajaren si mehuli guna kegeluhen si icidahken i bas pedah, perumpamaan dingen kata ajar.
Kalak pentar banci siidah i bas perikopta, antara lain, kalak si lit ukurna (Bhs. Ind. : “berpengertian”) melukah datna pengajaren. Ertina arah ise ras kai saja banci ialokenna pengajaren, la lebe lit sikap penolaken (resisten) perban lit biak kita siakap si beluhna. Kalak pentar e me kalak si ietehna kai si ibahanna. Ertina, la sembrono, la asal-asalen i bas geluh enda. Ietehna kai tujunna nggeluh, kai pe si ibahanna pasti lit gunana subuk man dirina bage pe man kalak si deban. Kalak pentar, igejapina dosana ras mesikel ia maka dosana ialemi Dibata. Kalak pentar labo hanya ietehna kai si enggo ipelajarina, tapi lebih asa si e, kai si enggo ietehna ipakena sebage pedoman guna kegeluhenna.
Sedangken kalak lenge (motu) e me kalak si meganjang rukur, kalak si akapna kai pe enggo ietehna. Kalak si bage enggo pasti sepele man kalak si deban, anggap remeh man kalak ras ia akapna si beluhna. Bahkan si lebih parah, pusuhna enggo erbatu-batun sabab la diatena kejahaten si bahanna. La sedarina kerna dosa-dosana. Artina, kalak motu la ia mbiar man Dibata, la akapna dalih nggeluh i bas dosa.
Pilihen tetap bas kita, sabab geluh enda pilihen, si apai nge si ipilih kita, nggeluh sebage kalak motu/lenge entah sebage kalak pentar? Tentu sura-suranta kita sebage anak-anak Dibata nggeluh sekalu kalak pentar. La banci lang arus terus-menerus kita erlajar (long life education), labo hanya secara pendidiken formal tapi pe informal (buku, kesaksian kalak si deban, pengalamen kegeluhenta, erbage-bage media informasi, rsd). Janah bena-benana kepentaren e me kap erkemalangen man Dibata.
Perikop ngajari kita guna terus erlajar ras melukah datken pengajaren. Arah ise pe kita nggit erlajar, bahkan anak-anak sekali pe maun banci ngajari kita. Kadang lit sifat sepele ras menganggap diri lebih asangken kalak si deban piah dungna lenga pe sialoken pengajaren e enggo leben mbue pikiren-pikiren si negatif si berkembang bas pikirenta si ngambati proses pembelajaren. Adi pentar kita enggo pasti nampati kita ras pe kehadirenta jadi pasu-pasu man kalak si deban.

Aplikasi

Terkadang kita merasa puas diri alu pemeteh si lit bas kita piah dungna la nari kita nggit erlajar. Bahkan lit biak meganjang ukur bas kita, i ja kita kita siakap si beluhna, padahal realitana kebalikenna. Teruslah belajar, kembangkan dirinta gelah tambah-tambah kepentaren ibereken Tuhan banta. Jakub 1:5 “Tapi adi lit i bas kam si kurang kepentarenna, ertotolah ia man Dibata si mereken kepentaren man bandu. Sabap Dibata kap mereken kepentaren man kerina jelma alu melumbar dingen dem perkuah ate”.
Metode si ipake i bas PA-nta sekali enda “Rekoleksi” e me nginget mulihi paksa si enggo lepas alu ngerenungkenca dingen seh ku sura-sura mpehulikenca guna kegeluhen si lebih mehuli. Banci jadi paksa si nai erkiteken kurang erpenggurun kita man Tuhan, kurang erlajar, melala keputusen-keputusen si ibahan kita si la bijaksana entah kurang pentar. Salah i bas berkata-kata, la lebe siukurken tapi enggo sibelasken si erbanca kitik ukur kalak si deban. Salah i bas kita makeken keuangenta si erbahanca lebih besar pasak asangken tiang. Salah i bas kita memilih teman bergaul si erbanca menjerumusken kita. Kuan-kuanen 13:20 “Adi kam erteman ras kalak pentar kam pe ikut jadi pentar, tapi adi kalak bodoh temanindu, kam pe ikut jadi bodoh”. 1 Kor. 15:33, “Ola kal kam papak! "Pergaulen si la mehuli, ncedaken biak si mehuli”.

BIMBINGAN PA MAMRE TGL. 14 - 20 FEBRUARI 2016
Nrs. Bp. Rey Tarigan

DILAKI SEBAGE SI MUAT KEPUTUSEN ALU PENTAR

Teks : 1 Raja-raja 3:16-28
Tema : PENTAR MUAT KEPUTUSEN
Tujun : Mamre ngasup
1) Erlajar arah kepentaren Salomo i bas muat keputusen
2) Makeken kepentaren i bas muat keputusen

Penjelasan Bahan Alkitab

1 Raja-raja 3:16-28 adalah perikop yang sangat biasa diceritakan untuk menggambarkan hikmat atau kebijaksanaan yang dimiliki oleh raja Salomo, raja kedua bangsa Israel setelah raja Daud. Diceritakan bagaimana dua orang ibu meminta keadilan dari raja Salomo berkaitan dengan bayi yang mereka perebutkan. Ibu yang satu mengaku bahwa bayi itu adalah anaknya, sementara itu ibu yang lain mengatakan bahwa bayi itu adalah anaknya. Lalu dengan bijak raja Salomo menyelesaikan persoalan mereka sehingga diketahui siapa ibu yang sebenarnya dari bayi yang mereka perebutkan. Ketika bangsa Israel mengetahui bagaimana raja Salomo menyelesaikan kasus tersebut maka takutlah bangsa Israel kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari Allah ada dalam hati raja Salomo untuk melakukan keadilan (ay. 28). Dari situ maka tersebarlah berita tentang hikmat atau kebijaksanaan raja Salomo.
Perlu digarisbawahi ay. 28 “Hikmat dari Allah ada dalam hati raja Salomo”. Kalimat tersebut menunjukkan dua hal, pertama-tama hikmat yang dimiliki raja Salomo adalah berasal dari Allah. Kedua, hikmat itu ada dalam hati Raja Salomo. Bila kita mengacu pada perikop sebelumnya (ps. 3:3-14), maka kita mengetahui bahwa Raja Salomo tidak secara instan mendapatkan hikmat dari Allah. Ada proses yang dijalaninya. Pertama-tama ia “menunjukkan kasihnya kepada Tuhan dan hidup menurut ketetapan-ketetapanNya” (ay. 3). Hal ini menunjukkan ketaatan raja Salomo kepada Tuhan. Sebagai seorang raja tentunnya ia berkuasa melakukan apapun yang ia inginkan, tetapi ia memilih untuk taat kepada Tuhan dan hidup menurut perintah Tuhan. Kedua, karena raja Salomo taat kepada Tuhan dan hidup menurut perintah Tuhan maka Tuhan menawarkan sesuatu untuk diberikan kepadanya (ay. 5). Sebagai manusia normal tentunya tidak salah jika raja Salomo meminta harta kekayaan dunia ini. Namun ia memilih untuk meminta hikmat (ay. 9, “hati yang faham menimbang perkara”, “dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat”). Perhatikan bahwa sebelum meminta hikmat, raja Salomo mengakui di hadapan Allah bahwa dirinya kurang pengalaman (ay. 7). Pengakuan tersebut menunjukkan kerendahatian raja Salomo di hadapan Allah sekaligus pengakuan bahwa Allah lebih besar daripada kekuasaan yang dimilikinya.
Dari situ apa yang diperoleh raja Salomo? Dalam Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) dikatakan “Tuhan senang dengan permintaan Salomo itu dan berkata kepadanya, “Sebab engkau meminta kebijaksanaan untuk memerintah dengan adil, dan bukan umur panjang atau kekayaan untuk dirimu sendiri ataupun kematian musuh-musuhmu, maka permintaanmu itu akan Kupenuhi. Aku akan menjadikan engkau lebih bijaksana dan lebih berpengetahuan daripada siapapun juga, baik pada masa lalu maupun pada masa yang akan datang. Bahkan apa yang tidak kauminta pun akan Kuberikan juga kepadamu: seumur hidupmu kau akan kaya dan dihormati melebihi raja lain yang mana pun juga. Dan kalau kau, seperti ayahmu Daud, mentaati Aku serta mengikuti hukum-hukum-Ku, Aku akan memberikan kepadamu umur yang panjang” (ay. 10-13). Raja Salomo mendapatkan lebih daripada apa yang dia minta. Tetapi yang lebih penting daripada itu adalah “Tuhan senang dengan permintaan raja Salomo”.

Aplikasi

Apa yang bisa kita teladani dari kisah raja Salomo tersebut? Pertama-tama hikmat, kebijaksanaa, kepentaren, bukanlah sesuatu yang sifatnya instan. Ada proses yang harus dijalani untuk mendapatkannya. Yaitu, mengasihi Allah dan hidup sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah, sama dengan taat kepada Allah dan hidup dalam ketaatan kepada Allah. Hikmat, kebijaksanaan, atau kepentaren sangat identik dengan kasih dan ketaatan kita kepada Allah. Kedua, harus ada kerendahatian dalam diri kita di hadapan Allah. Laki-laki diciptakan Allah dengan keistimewaan dalam kecenderungan penggunaan logika yang prosentasinya lebih daripada perasaan. Namun keistimewaan itu dapat dengan mudah berubah menjadi: kesombongan, keras kepala, merasa diri paling hebat, merendahkan yang lainnya, apalagi bila seorang lelaki memiliki kekayaan dan kekuasaan, dsb. Supaya hal ini tidak terjadi maka dibutuhkan kerendahhatian di hadapan Allah. Pengakuan bahwa kemampuan kita terbatas. Pengakuan bahwa Allah pasti lebih besar, berkuasa, daripada kemampuan, kekayaan, kekuasaan yang kita miliki. Hikmat, kebijaksanaan, atau kepentaren sangat identik dengan kerendahatian. Ketiga, apa yang harus kita lakukan untuk menyenangkan hati Allah itu pulalah yang kita lakukan dalam hidup kita, maka seperti raja Salomo, Tuhan akan memberikan kepada kita lebih daripada apa yang kita minta. Dari situ maka apapun keputusan yang kita buat dalam hidup kita, yakinlah bahwa Tuhan akan turut ambil bagian di dalamnya.

BIMBINGAN PA PERMATA TGL. 15 - 20 FEBRUARI 2016
Nrs. Bp. Rey Tarigan

Pengucapan Syukur PERMATA GBKP
Camp Iman PERMATA (CIMPA) GBKP 2016

Bahan Alkitab : Ulangan 16:13-17
Tujuan :
Supaya PERMATA GBKP dapat :
1) menceritakan makna hari raya Pondok Daun dalam kehidupan bangsa Israel
2) memiliki komitmen untuk membangun hidup dalam kebersamaan dan solidaritas
Metode : Diskusi

Penjelasan Bahan Alkitab

Kitab Ulangan termasuk dalam 5 kitab pertama dalam Perjanjian Lama (PL) yaitu Taurat (5 kitab Musa - Pentateukh). Disebut “ulangan” karena merupakan pengulangan hukum-hukum dalam kitab-kitab sebelumnya yang tujuannya untuk memelihara perjanjian antara Allah dengan bangsa Israel. Salah satu contoh pengulangan uraian hukum-hukum misalnya terdapat dalam Ul. 5:7-21 yang merupakan pengulangan 10 perintah Tuhan dalam Kel. 20:2-17. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kitab Ulangan ditujukan kepada bangsa Israel generasi berikutnya yang sudah tinggal menetap di tanah perjanjian Kanaan.
Ul. 16 merupakan pengingat kepada bangsa Israel agar mereka melakukan 3 hari raya utama yang dirayakan dalam satu tahun, yaitu:
1) Pesakh (Paskah - perayaan roti tidak beragi) yang dirayakan bangsa Israel selama satu minggu dimulai pada hari ke-15 bulan Abib atau Nisan (antara Maret - April). Perayaan ini mengingatkan bangsa Israel akan kuasa Tuhan yang telah melepaskan mereka dari perbudakan di Mesir (bdk. Kel. 12:23-25).
2) Shavuoth (Pentakosta - hari raya Tujuh Minggu) yaitu perayaan panen gandum yang dirayakan bangsa Israel pada hari ke-6 bulan Siwan (antara Mei - Juni). Perayaan ini mengingatkan bangsa Israel bahwa Tuhan bukan hanya membebaskan mereka dari tanah perbudakan di Mesir, tetapi Tuhan juga telah menyediakan tanah yang dapat menjamin hidup mereka (bdk. Im. 23:15-21).
3) Sukkoth (Tabernakel - Kemah Suci - hari raya Pondok Daun) yang dirayakan selama satu minggu dimulai pada hari ke-15 bulan Tishri (antara September - Oktober). Hari raya Pondok Daun memiliki dua makna bagi bangsa Israel, pertama-tama mengingatkan mereka akan penyertaan dan perlindungan Tuhan selama masa 40 tahun perjalanan nenek moyang mereka dari Mesir ke tanah Kanaan. Oleh karena itu dalam perayaan ini bangsa Israel harus tinggal di pondok-pondok darurat terbuat dari ranting-ranting dan daun-daun palem untuk mengingatkan mereka akan tenda-tenda darurat tempat tinggal nenek moyang mereka selama pengembaraan 40 tahun di padang gurun. Walaupun harus tinggal dalam tenda-tenda darurat tetapi penyertaan dan perlindungan Tuhan tidak berkesudahan. Kedua, hari raya Pondok Daun juga merupakan hari pengucapan syukur akan hasil panen yang mereka peroleh (bdk. Im. 23:33-43). Hasil panen merupakan simbolisasi berkat-berkat Tuhan yang melimpah dan tidak berkesudahan kepada bangsa Israel walaupun bangsa Israel telah menetap di tanah Kanaan. Oleh karena itu bangsa Israel harus bersyukur dan bersukacita bersama dengan semua orang yang ada di sekitar mereka, termasuk orang-orang asing, anak-anak yatim, janda-janda dan para hamba mereka (ay. 14-15).
Tiga hari raya utama tersebut (ay. 16) harus dilakukan bangsa Israel sebagai tradisi iman yang bukan hanya mengandung muatan edukatif untuk generasi baru, tetapi juga mengandung muatan pengakuan iman untuk bangsa Israel bahwa Tuhan yang mereka sembah adalah Tuhan yang mahakuasa, penuh kasih, peduli, dan setia kepada janji-janjiNya. Muatan iman tersebut harus tampak dalam wujud yang nyata yaitu : 1) mengasihi dan peduli kepada mereka yang menderita sambil bersukacita di hadapan Allah dan sesama (ay. 11,14); 2) mengucap syukur melalui persembahan sukarela sesuai dengan berkat yang mereka terima (ay. 10,17).

Aplikasi

Ada dua hal penting yang dapat kita teladani. Pertama-tama, muatan iman yang memuat pengakuan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang mahakuasa, penuh kasih, peduli, dan setia pada janji-janjiNya perlu kita teladani dalam kehidupan kita. Pengakuan ini mengandung konsekuensi bahwa Tuhan harus menjadi satu-satunya sumber dalam kehidupan kita. Kedua, iman kepada Tuhan harus terwujud dalam kehidupan nyata dalam bentuk bersukacita dan bersyukur kepada Allah serta mengasihi dan peduli terhadap sesama.
Dua dari tiga hari raya utama bangsa Israel tersebut di atas telah diperbaharui maknanya dalam Perjanjian Baru (PB). Hari raya Paskah menjadi hari kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dan hari raya Pentakosta diperingati sebagai hari turunnya Roh Kudus. Lalu bagaimana dengan hari raya Pondok Daun? Hari raya Pondok Daun sebagaimana telah diuraikan di atas merupakan hari penuh dengan sukacita dan ucapan syukur karena penyertaan dan kasih setia Tuhan yang tidak berkesudahan. Dalam iman kita kepada Kristus, sukacita dan ucapan syukur memiliki dasarnya dalam anugerah keselamatan di dalam Kristus serta penyertaan Roh Kudus kepada kita sampai dengan saat ini. Oleh karena itu seharusnya ucapan syukur dan sukacita dapat kita wujudkan di mana dan kapan saja dalam berbagai kondisi kehidupan, dengan dan kepada siapa saja, serta dalam bentuk apa saja sesuai dengan berkat yang kita terima. Dengan kata lain, kita tidak perlu menunggu perayaan tertentu untuk bersukacita dan mengucap syukur, karena hidup kita merupakan perayaan keselamatan penuh dengan sukacita dan ucapan syukur setiap saat.
Sesuai dengan tema: “Pengucapan Syukur PERMATA GBKP” maka ucapan syukur PERMATA harus dapat diwujudkan secara konkrit dan berdampak positif bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang di sekitar PERMATA. Bila mengacu pada tujuan kedua PA kali ini, maka wujud konkrit ucapan syukur PERMATA adalah solider atau peduli terhadap sesama yang membutuhkan serta mampu menghargai perbedaan untuk dapat hidup bersama dalam kasih Tuhan. Untuk mewujudkan hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah karena dunia di sekitar kita mempengaruhi kita untuk hidup egois dan tidak menghargai perbedaan. Itulah sebabnya dibutuhkan komitmen, atau upaya yang lebih serius agar dapat secara konsisten hidup dalam kepedulian terhadap sesama dan menghargai perbedaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar