Selasa, 13 Januari 2015

Bimbingen Pekan Penatalayanen GBKP 2015 Wari I - VII

PEKAN PENATALAYANEN GBKP TAHUN 2015
TEMA : LANAI AKU SI NGGELUH, TAPI KRISTUS KAP SI NGGELUH I BAS AKU
(GALATI 3:20A)


WARI PEMENA
(Pdt. Larena br. Sinuhadji)

Invocatio :
Kejadian 22:18
Ogen :
Roma 8:28-30
Khotbah :
Kejadian 12:1-3
Tema :
“Idilo Guna Jadi Pasu-Pasu”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Kejadin 12:1-3

Pendilo Tuhan man Abram guna lawes ku sada negeri si lenga ikataken Tuhan man bana, sada hal si luar biasa sabab Abram taat. Adi siperdiateken konteks dekat (Kej. 11:27-32) ras konteks jauh (Perb. 7:2-4), maka situhuna enda pe pendilo Tuhan man Abram si peduakaliken. Pendilo si pertama tupung ia bas kutana denga, Ur Babilon. Tapi i je ikut denga orang tuana. Kenca bapana, Terah mate i Haran, mulihi Tuhan ndilo Abram. Tuhu bergumul kel Abram i bas taat nandangi pendilo Tuhan bana. Sabab mbue hal si arus ikorbanken Abram. Nandingken keluargana, kade-kadena, ras rumah bapana. Intina, Abram arus nandingken zona amanna sedekah enda, subuk usahana, keluargana, teman-temanna guna berkat ku sada negeri si bakal ituduhken Tuhan pepagin. Nadingken orang tua, kade-kade, teman-teman rikutken usaha si sedekah enda enggo igelutina, mahan bana Abram hanya bergantung sepenuhna man Tuhan si enggo ndilo ia la ernalem man manusia. Sabab sedekah enda arah kel orang tuana, ibabai ia ras kerina seninana ersembah man dibata-dibata si isembah nini-ninina i Mesopotami. Tapi arah pemanggilen enda, jelas ate Tuhan, Ia saja ingan penelemen Abram ras keluargana.
I bas Abram taat nandangi pendilo Tuhan maka padan/janji Dibata berlaku  man bana. Enterm pagi si nusurna, janah jadi sada bangsa si mbelin. Ipasu-pasu Tuhan Abram ras ibahan Tuhan gelarna terberita. Arah Abram nterem kalak ndatken pasu-pasu. Ipasu-pasu Tuhan kalak si masu-masu Abram, tapi isumpahi Tuhan kalak si numpahi ia. Erkiteken Abram ipasu-pasu Tuhan kerina bangsa-bangsa. Dari sisi Tuhan jelas, maka Tuhan ndilo Abram ras masu-masu kegeluhenna. Janah i bas sisi Abram, ia arus nandingken keluargana (bhs. Ind.: “pergi dari negerinya”) ras geluhna arus jadi berkat (ay. 2b, “dan engkau akan jadi berkat”). Jadi fokus Abram labo janji pasu-pasu Tuhan man bana, tapi perentah guna “lawes” ras geluhna jadi berkat.

Roma 8:28-30

Arah surat Paulus man perpulungen i Roma, jelas kerna kinidolaten ras ke-MahaKuasa-an Tuhan. Maka i bas kai pe Dibata erdahin guna kiniulin kalak si erkeleng ate man baNa, e me kalak si enggo ipilih Dibata arah sura-suraNa. Situasi kai pe sialami kita anak-anakNa, termasuk si la bagi ukur banci ipake Tuhan guna kiniulinta, sabab rancangen Tuhan si mehuli guna kegeluhenta. Si paling penting taat nandangi sura-sura Tuhan i bas kegeluhenta.

Kejadin 22:18

Konteks Kej. 22 e me i bas perentah Tuhan man Abraham guna mpersembahken anakna si tonggal Ishak. Sekali nari Abraham taat. Kedungenna enggo isikapken Dibata sada bajar biri-biri gancih anakna, Ishak sabab enggo idah Dibata tuhu-tuhu Abraham kalak si erkemalangen man Tuhan. E maka i jenda sekali nari Tuhan melalui MalekatNa mulihi erpadan guna mereken pasu-pasu si mbue man Abraham. Janah Malekat Tuhan melaskenca maka bangsa-bangsa si deban pe denggo mindo pasu-pasu i bas Dibata nari bagi Tuhan enggo masu-masu Abraham ras kesusurenna, erkiteken Abraham tetap erkemalangen man Tuhan.

KERANGKA RENUNGEN

Umumna kita senang iberkati, ndatken pasu-pasu. Tapi lit penyataan si ngatakenca berkat si paling mereken sukacita asum geluhta banci jadi berkat/pasu-pasu man kalak si deban. Sedangken kalak si hanya ngukurken dirina sendiri, ertambah-tambah si lit bas ia tanpa ngukurken kalak si deban, e me kalak si la pernah ndatken sukacita. Mother Teresa salah sada teladan i bas ia mereken dirina, geluhna guna ngkelengi ras melayani kalak-kalak miskin ipinggiren i Kalkuta India.
Termasuk Abram i bas perikopta, i bas ia idilo Tuhan guna nandangi keluargana, rumah bapana, kenyamanenna sedekah enda. Fokus Abraham e me kap taat nandangi perentah Tuhan, e me kap lawes nadingken kutana ras kade-kade ras geluhna jadi berkat man enterem kalak (nen penjelasen kerna bahan khotbah).
Aplikasina. Tema : “Kita Idilo Tuhan Guna Jadi Pasu-Pasu.” Adi soal geluhta iberkati/ipasu-pasu Tuhan e me bagin Tuhan, la perlu kita ncampuri. Si penting tek kita, maka Dibata tetap masu-masu kegeluhenta manusia. Baginta, taat  man Tuhan ras geluhta si enggo ipasu-pasuNa arus jadi pasu-pasu ka man kalak si deban. Mother Teresa pernah ngatakenca, “Jangan pernah biarkan orang yang datang kepadamu, pergi dengan keadaan sedih.” Ertina, kehadirenta tuhu-tuhu jadi pasu-pasu, subuk alu pengerananta, ide-identa, perukurenta si positif/membangun bage pe perbahanenta: nampati subuk secara jasmani ras rohani (mpegegehi kalak, memotivasi, notoken, mpepaler sukacita), rsd. Mungkin biasa si begi kalak ngatakenca, “Adi la gia banci nampati, nempeti la gia ola.” Pernyaataan enda seolah-olah tepat situhuna kurang tepat, sebab erbahanca kita menjadi kalak si pasif, geluhta la berarti, bermakna man kalak si deban. Sedangken Tuhan enggo ndilo kita guna jadi pasu-pasu man kalak si deban. Bahkan i bas situasi si la bagi ukurta pe jadi, geluh kalak si tek tetap jadi pasu-pasu man kalak si deban (ogen).

WARI PE-2-KEN
(Naras Pdt. L. br. Sinuhadji)

Invocatio :
Galati 3:9
Ogen :
Masmur 65:5-14
Khotbah :
Josua 21:43-45
Tema :
“Dibata Nehken PadanNa, Tetap Ukurta”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Josua 21:43-45

Bahan khotbah berisi perwujudan janji Allah kepada bangsa Israel dalam Kel. 6:3-6. Apa isi janji Allah kepada bangsa Israel? Tuhan berjanji: 1) memberikan tanah Kanaan; 2) membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir; 3) menjadikan bangsa Israel umatNya. Di bawah kepemimpinan Josua, Tuhan mewujudkan janjiNya kepada Israel dengan memberikan tanah Kanaan.
Tidak ada janji Tuhan yang tidak dipenuhi kepada Israel (ay. 45). Ayat ini menunjukkan konsistensi Allah terhadap janjiNya, IA memenuhi semua yang telah dijanjikanNya. Namun untuk memenuhi janjiNya itu, ada proses yang harus dijalani. Dari pihak Allah, IA ingin agar bangsa Israel menyadari betapa besar kasihNya kepada mereka, sehingga banyak cara yang Allah lakukan untuk menyadarkan bangsa Israel. Perjalanan 40 tahun dari Mesir ke Kanaan adalah gambaran dari proses itu. Dari pihak bangsa Israel, mereka harus menjalani proses itu sebelum menerima semua yang dijanjikan Allah kepada mereka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa selain Allah pasti menepati janjiNya, ada proses pendewasaan iman di dalamnya.

Masmur 65:5-14

Bahan ogen, berisi tentang kesaksian Pemasmur akan perbuatan-perbuatan Tuhan yang luar biasa (dahsyat) dan adil kepada orang-orang yang dipilihNya. Perbuatan-perbuatan yang luar biasa dan adil itu merupakan jawaban Tuhan terhadap permohonan (doa) orang-orang yang berseru kepadaNya (ay. 3). Perbuatan-perbuatan dahsyat menunjuk pada kekuasaan Allah yang tidak terbatas. Adil menunjuk pada cara Tuhan berbuat untuk orang-orang yang dikasihiNya. Dengan kekuasaanNya yang tidak terbatas, IA mampu mewujudkan apa yang kita harapkan, dan dengan adil IA memberikan apa yang kita harapkan. Maksudnya, Allah tahu yang terbaik untuk kita yang seringkali di luar batas pemikiran kita. Oleh karena itu yang harus kita lakukan adalah yakin, percaya, bahwa Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Galati 3:9

Bahan invocatio, berisi surat Rasul Paulus kepada jemaat Galatia yang perlu dididik untuk hidup berdasarkan iman kepada Kristus dan bukan berdasarkan Hukum Taurat. Dengan hidup berdasarkan iman kepada Kristus maka berkat Tuhan juga akan menjadi milik kita. Penebusan Kristus dimaksudkan agar berkat yang dulunya diberikan Tuhan kepada Abraham menjadi milik semua orang yang beriman.

KERANGKA RENUNGEN

Kata “janji” dalam KBBI artinya: 1) ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat; 2) persetujuan antara dua pihak (masing-masing menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu). Melalui arti kata tersebut, dapat dikatakan bahwa janji adalah hal yang penting dalam kehidupan kita, karena dari janji-janji itulah banyak hal yang bisa kita wujudkan dalam hidup kita. Selain itu, janji juga tidak bisa dilepaskan dalam relasi antar manusia, karena pada dasarnya semua manusia memiliki kehendak, atau keinginan yang ingin diwujudkan bersama-sama dengan orang lain. Itulah sebabnya ada banyak perjanjian yang kita lakukan dalam hidup kita. Artinya, selama ada kehendak atau keinginan dalam diri manusia maka janji-janji akan selalu ada.
Demikian juga dalam relasi antara Tuhan dengan manusia. Dalam relasi antara Tuhan dengan manusia juga tidak bisa dilepaskan dari janji. Itulah sebabnya Alkitab kita dibagi menjadi dua, PL dan PB. Mengapa disebut “PL” atau “PB?” Karena Alkitab berisi janji kasih di antara Tuhan dengan manusia. Tuhan Allah berkehendak mengasihi dunia ini, oleh karena itu IA menyatakan janjiNya.
Dalam suatu perjanjian apapun, jika salah satu pihak melanggar apa yang telah disepakati bersama, maka perjanjian itu akan batal dan tujuan yang diharapkan dari perjanjian itu pasti gagal. Itulah perjanjian-perjanjian yang biasa dilakukan oleh manusia. Mengapa perjanjian seringkali harus ditulis dan diberi meterai? Karena pada dasarnya manusia sering lupa terhadap janjinya, atau suka ingkar terhadap janjinya.
Tetapi berbeda dengan janji Tuhan kepada umatNya. Walaupun bangsa Israel seringkali melanggar janjinya kepada Tuhan, tetapi IA tetap setia pada janjiNya dan tetap ingin mewujudkan janjiNya itu. Dengan berbagai cara, Tuhan menyadarkan umatNya agar tetap setia pada janjinya sampai janji Tuhan itu benar-benar terwujud. Artinya, kita harus beriman, percaya kepada janji Tuhan dalam hidup kita karena Tuhan pasti akan menepati janjiNya, dengan cara yang Tuhan pakai sebagai proses pendewasaan kita.
Ada banyak pergumulan yang kita hadapi dalam hidup ini. Dalam pergumulan itu kita sering berdoa meminta agar Tuhan melepaskan kita dari persoalan yang kita hadapi. Kita perlu menyadari bahwa di dalam janji Tuhan ada proses yang harus dijalani, maka kita harus mau menjalani proses itu. Dengan menjalani proses yang mungkin saja panjang, iman kita semakin didewasakan, dan ketika kita menerima keberhasilan sebagai perwujudan janji Tuhan dalam hidup kita, maka sudah dapat dipastikan kita mampu bersyukur.
Tema “Dibata Nehken PadanNa, Tetap Ukurta,” merupakan keyakinan kita bahwa Tuhan pasti akan menepati janjiNya dengan memberikan yang terbaik dalam hidup kita.

WARI PE-3-KEN
(Naras Pdt. L. br. Sinuhadji)

Invocatio :
Matius 22:39
Ogen :
Keluaren 23:1-9
Khotbah :
Masmur 112:1-9
Tema :
“Malem Me Ate Kalak Si Ndalanken Kekelengen”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Masmur 112:1-9

Bahan Khotbah berisi tentang berkat-berkat yang akan diterima oleh orang-orang yang takut akan Tuhan dan melakukan perintah-perintahNya. Orang-orang ini disebut oleh Pemasmur sebagai orang-orang benar. Apa saja yang akan diterima orang-orang benar? Mereka akan berbahagia (ay. 1). Anak cucunya akan menjadi orang-orang yang berhasil karena berkat Tuhan terus mengalir kepada orang-orang benar (ay. 2). Hidupnya akan dipenuhi dengan kecukupan (ay. 3). Hidupnya akan selalu dipimpin oleh Tuhan ke arah yang membawa kesejahteraan (ay. 4). Hidupnya akan dipenuhi dengan keberuntungan (ay. 5). Mereka akan menjadi orang-orang yang tegar, tidak mudah jatuh atau gagal, dan namanya akan dikenang banyak orang (ay. 6). Mereka akan menjadi orang-orang pemberani, tidak takut terhadap berbagai tantangan (ay. 7 & 8). Mereka akan menjadi orang-orang yang murah hati, peduli terhadap orang lain. Karena itu mereka akan menjadi orang-orang yang disegani dan dihormati banyak orang (ay. 9).

Matius 22:39

Berisi hukum kasih yang merupakan inti dari seluruh hukum dalam Alkitab. Mengasihi Allah dan mengasihi manusia seperti mengasihi diri sendiri. Ini merupakan jawaban Tuhan Yesus terhadap pertanyaan seorang ahli Taurat untuk mengujiNya dan mencari-cari kesalahanNya,  “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” Kasih di sini dikaitkan dengan mengasihi diri sendiri. Tentunya tidak ada orang yang tidak mengasihi dirinya sendiri. Pasti yang terbaik, yang benar, yang istimewa, dan segala sesuatu yang tidak merusak dirinya sendiri, itulah yang diberikan untuk diri sendiri. Seperti itulah arti dari mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri.

Keluaren 23:1-9

Merupakan tugas yang harus dilakukan oleh orang-orang Israel dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Kel. 23:1-9 merupakan bagian dari Hukum-hukum Moral Religius yang harus diwujudkan dalam kehidupan bangsa Israel sebagai bangsa yang kudus dalam perjanjian dengan Allah (Kel. 20-23). Oleh karena itu isinya sangat praktis berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bangsa Israel dalam relasi antara satu dengan lainnya.

KERANGKA RENUNGEN

Tidak ada seorang pun yang tidak mau mendapatkan berkat dalam hidupnya. Bila kita perhatikan bahan khotbah, Pemasmur menegaskan bahwa orang-orang yang benar akan mendapatkan berkat. Benarkah seperti itu? Bila kita perhatikan situasi hidup kita saat ini, justru orang-orang yang menyatakan kebenaran disingkirkan dan dibenci. Ada istilah yang mengatakan “bambu yang lurus lebih cepat dipotong daripada bambu yang bengkok,” artinya orang yang hidupnya lurus dan benar lebih cepat disingkirkan daripda orang-orang yang hidupnya bengkok karena akan dibiarkan begitu saja. Itulah situasi hidup kita saat ini. Dalam hal ini mungkin saja kita akan berpikir lebih baik menjadi bambu yang bengkok saja daripada disingkirkan.
Tetapi Alkitab menegaskan bahwa bagaimana pun situasinya, kita harus tetap menegakkan kebenaran, sebagaimana apa yang harus dilakukan oleh bangsa Israel dalam ogen. Pemasmur dalam kesaksian hidupnya melihat bahwa orang-orang benar memang hidupnya diberkati Tuhan (lihat pembahasan di atas). Dan memang benar bahwa ada banyak orang di sekitar kita yang justru semakin diberkati karena melakukan apa yang benar di mata Allah. Ada banyak contoh dalam sejarah yang menceritakan kisah hidup orang yang melakukan kebenaran (misalnya Martin Luther King Junior dalam buku Pekan Penatalayanan GBKP 2015 hlm. 22). Dalam kesaksian hidup Yesus Kristus, orang-orang yang membenciNya (Farisi, Saduki, dan Ahli Taurat) mengakui bahwa Yesus Kristus adalah seorang yang benar dan tidak takut kepada siapa pun karena kebenaran yang dilakukanNya (Mat. 22:16). Artinya, melakukan apa yang benar itu adalah soal keberanian dan soal beriman bahwa Tuhan pasti akan memberi ganjaran yang setimpal atas kebenaran yang kita lakukan (bdk. Mat. 5:10; Mat. 6:33).
Lalu apa hubungan antara kasih dan kebenaran? Di dalam kebenaran pasti ada kasih kepada Allah dan kepada manusia. Mengasihi berarti menyatakan dan melakukan apa yang benar. Contoh sederhana, jika kita mengasihi tubuh kita sendiri maka pastilah kita akan memperlakukan tubuh kita dengan benar, seperti makan teratur, tidur yang cukup, dsb. Contoh lain, jika kita dengan sungguh-sungguh mengasihi anak kita, tentu tidak mungkin akan menjerumuskannya ke dalam ketidakbenaran, pastilah kita akan mengarahkan anak-anak kita untuk melakukan apa yang benar. Melakukan apa yang benar adalah bukti nyata mengasihi Allah, sesama dan diri sendiri.
Tema “Malem Me Ate Kalak Si Ndalanken Kekelengen.” Seorang yang menjalankan kasih dalam hidupnya pastilah mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan di sini adalah kebahagiaan yang sejati di dalam Kristus, mengingat begitu banyak standar kebahagiaan di dunia ini yang mendasarkan diri pada kefanaan seperti materi, kekuasaan, dsb. Tema di atas adalah pernyataan iman kita bahwa sebagai orang-orang yang telah diselamatkan oleh kasih Allah di dalam Kristus (Rom. 6:18), pastilah kita akan memperoleh kebahagiaan sejati saat ini dan nanti.

WARI PE-4-KEN
(Naras Pdt. L. br. Sinuhadji)

Invocatio :
Kejadin 3:19
Ogen :
Lukas 14:28-32
Khotbah :
Kuan-kuanen 23:17-23
Tema :
“Megermetlah Ngaturken Perdalanen Geluh”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Kuan-Kuanen 23:17-23

Kitab Kuan-kuanen adalah kitab yang berisi nasihat-nasihat bijak dengan ciri-ciri: singkat, padat, mudah diingat, berpijak pada pengalaman, kebenaran universal, untuk tujuan praktis, dan digunakan dalam waktu yang lama. Bahan khotbah kita berisi nasihat-nasihat seorang yang bijak (bisa orang tua kepada anaknya, atau guru kepada muridnya) tentang sikap hidup yang benar.
Sikap hidup yang benar dalam bahan khotbah ini adalah: 1) Taat kepada Allah, karena Allah adalah jaminan masa depan yang baik dan sumber harapan; 2) Bijaksana dalam melangkah/mengambil keputusan (bhs. Ing. “Be wise and have enough sense to follow the right path”), karena dengan cara itu seseorang akan terhindar dari kemiskinan (miskin hati, materi, hidup tanpa makna, dsb.); 3) Taat dan menghargai orang tua, karena orang tua adalah saluran berkat Tuhan; 4) Luangkan banyak waktu untuk belajar tentang kebenaran, hikmat, didikan, pengertian (makna hidup) dari Allah.

Kejadin 3:19

Merupakan cerita asal-usul, penyebab awal mengapa manusia harus bekerja keras memenuhi kebutuhan hidupnya. Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, maka sebagai akibatnya, manusia harus bekerja keras memenuhi kebutuhan hidupnya. Cara ini tentunya dimaksudkan Tuhan agar manusia menjadi sadar akan keberadaan dirinya dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. “Debu tanah” adalah kiasan bahwa hidup manusia adalah fana, rapuh, rentan, oleh karena itu harus bergantung sepenuhnya kepada Penciptanya.

Lukas 14:28-32

Merupakan perumpaan yang diberikan Tuhan Yesus untuk menjelaskan konsekuensi mengikut Yesus. Konsekuensi mengikut Yesus adalah menjadikan Yesus Kristus sebagai prioritas utama dalam hidup. Menjadikan prioritas utama bukan berarti meninggalkan tanggung jawab lainnya. Tetapi dengan menjadikan Yesus Kristus sebagai prioritas hidup maka seseorang dapat dikatakan layak menjadi muridNya dan Tuhan pasti akan memampukan kita melakukan tanggung jawab lainnya.

KERANGKA RENUNGEN

Ada berbagai sikap di dalam menghadapi hidup ini. Ada yang optimis, ada yang pesimis, ada yang biasa-biasa saja menjalani hidup tanpa makna, hidup hanya sekedar mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab secara rutin atau rutinitas yang membosankan, dsb. Sikap di dalam menghadapi hidup ini tentu akan mempengaruhi hasil yang akan kita peroleh. Untuk orang yang optimis dan positif, maka ketika ia menghadapi kegagalan, ia tidak akan menyerah, melainkan terus berjuang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebaliknya, bagi yang pesimis dan negatif, ketika ia menerima banyak keberhasilan sekali pun, ia akan merasa kurang dan tidak puas.
Kuan-kuanen 23:17-23 memberikan nasihat kepada kita, bagaimana supaya hidup ini penuh dengan makna, bagaimana supaya hidup ini memiliki tujuan yang jelas, dan bagaimana supaya kita bersikap positif dan optimis dalam menjalani hidup ini. Ada 4 nasihat yang diberikan kitab Amsal kepada kita: 1) Taat kepada Allah, karena Allah adalah jaminan masa depan yang baik dan sumber harapan; 2) Bijaksana dalam melangkah/mengambil keputusan (bhs. Ing. “Be wise and have enough sense to follow the right path”), karena dengan cara itu seseorang akan terhindar dari kemiskinan (miskin hati, materi, hidup tanpa makna, dsb.); 3) Taat dan menghargai orang tua, karena orang tua adalah saluran berkat Tuhan; 4) Luangkan banyak waktu untuk belajar tentang kebenaran, hikmat, didikan, pengertian (makna hidup) dari Allah.
Dalam Kej. 3:19, diuraikan pula tentang makna kerja keras. Kerja keras bukan hanya sekedar memenuhi hukuman karena manusia sudah jatuh ke dalam dosa, tetapi lebih dari itu, makna bekerja keras adalah bergantung sepenuhnya kepada Sang Pencipta. Karena kita ini hanyalah “debu tanah” simbol dari kefanaan, kerentanan, kerapuhan, oleh karena itu kita harus bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Dalam Luk. 14:28-32, Tuhan Yesus mengajarkan tentang menentukan prioritas dalam hidup. Ketika kita menjadikan Yesus Kristus sebagai prioritas, maka IA pun akan memberkati kita, memampukan kita menjalani hidup ini dengan berbagai tantangannya.
Tema: “Megermetlah Ngaturken Perdalanen Geluh,” artinya, tentu saja kita tidak ingin hidup ini berjalan biasa-biasa saja tanpa makna, tanpa tujuan yang jelas, pesimis, negatif, dsb. Kita ingin agar hidup kita bermakna, memiliki tujuan yang jelas, bahagia, optimis, dan positif. “Megermet” bisa juga diartikan hidup dengan kesadaran penuh tentang sikap yang benar dalam menghadapi dan menjalani hidup ini. Pekan penatalayanan kali ini mengingatkan kita kembali agar selalu menyadari hal-hal di atas sebagaimana bahan-bahan Alkitab yang sudah kita baca tadi, agar hidup ini bermakna, memiliki tujuan yang jelas, bahagia, optimis, dan positif.

WARI PE-5-KEN
(Naras Pdt. L. br. Sinuhadji)

Invocatio :
Filipi 2:5
Ogen :
Epesus 4:17-24
Khotbah :
Kejadin 1:26-28
Tema :
“Nggeluh I bas Tempas Dibata” (“Berbudaya”)

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Kejadin 1:26-28

Manusia diciptakan menurut gambar (Ibr. tselem - n. maskulin) dan rupa (Ibr. demuth - n. feminin) Allah, merupakan keunikan manusia dibandingkan dengan ciptaan lainnya, karena hanya manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Dalam Mas. 8:6, “Engkau membuatnya hampir sama seperti Allah dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.” Kemuliaan dan hormat membuat manusia memiliki kemampuan untuk berpikir dan menyadari keberadaan Allah sebagai penciptanya serta keberadaan dirinya sebagai ciptaan.
Gambar dan rupa menunjuk pada pribadi Allah (memiliki pikiran, kehendak, perasaan/roh, dan kemampuan untuk memilih/memutuskan) yang sempurna (Maha). Dengan demikian manusia juga memiliki keterhubungan dengan Allah dalam pikiran, kehendak, perasaan/roh, dan kemampuan untuk memilih/memutuskan, walaupun tidak sempurna karena dosa. Kemampuan untuk memilih/memutuskan ini berkaitan dengan kapasitas moral/etis dalam diri manusia. Dalam Bhs. Karo: sentudu (sama, mirip, serupa) ras tempasTa, si menam (hampir) seri (mirip) ras Kita.
Dengan kapasitas yang dimiliki manusia tersebut, maka manusia diberi tanggung jawab untuk: 1) menghasilkan generasi yang baik (“beranakcucu,” “bertambah banyak”); dan 2) mengelola hidupnya dan lingkungannya dengan baik (“penuhi,” “taklukkan,” “berkuasa”). 

Epesus 4:17-24 & Pilipi 2:5

Pada Ef. 4:1 Paulus menasihatkan kepada jemaat Efesus agar hidup mereka berpadanan (sesuai) dengan panggilan mereka sebagai orang-orang yang telah masuk dalam kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus. Ay. 17-24 adalah wujud konkrit dari hidup yang berpadanan dengan panggilan itu, yaitu hidup sebagai manusia baru yang diciptakan menurut pola Allah; yaitu dengan tabiat yang benar, lurus dan suci. Nasihat ini diberikan Rasul Paulus karena ada sebagian jemaat yang hidupnya terbawa arus dunia dengan tabiat yang tidak benar, tidak lurus, dan cemar.
Fil. 2:5 senada dengan Ef. 4:17-24, “menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat di dalam Kristus,” merupakan wujud konkrit manusia baru.

KERANGKA RENUNGEN

Manusia diciptakan Allah dengan kualitas yang baik dan sempurna. Dari kualitas hidup yang sempurna tersebut manusia diberi tanggung jawab untuk menciptakan generasi yang baik. Menciptakan generasi yang baik bukan hanya berkaitan dengan mengasilkan anak, tetapi mendidiknya menjadi anak yang berkualitas baik secara fisik, intelektual, mental, dan spiritual. Jaman sekarang ini, cerdas secara fisik dan intelektual saja masih belum cukup, itu harus dibarengi dengan kecerdasan mental dan spiritual.
Contoh-contoh dalam sejarah memperlihatkan bagaimana manusia dengan kecerdasan intelektualnya menjadi senjata pemusnah bagi sesama dan lingkungannya. Misalnya: Adolf Hitler menewaskan 6 juta lebih orang Yahudi di Eropa. Sekitar 10 juta lebih manusia mati sia-sia dalam Perang Dunia ke-1. Dan sekitar 60 juta lebih manusia mati sia-sia dalam Perang Dunia ke-2. Masih banyak lagi contoh-contoh lain yang menggambarkan bagaimana manusia menjadi mahluk paling destruktif di dunia.
Menciptakan generasi yang baik sama halnya dengan menciptakan budaya yang baik dan benar. Tujuan awal penciptaan manusia adalah agar manusia menciptakan budaya yang baik dan benar. Dengan kualitas yang baik yang dimilikinya seharusnya manusia mampu menciptakan budaya yang baik dan benar, namun karena dosa, maka kualitas yang baik itu menjadi rusak. Dosa mengakibatkan kerusakan total dalam kualitas hidup manusia sampai dengan saat ini. Maka timbullah budaya yang rusak. Kerusakan budaya manusia sedikit banyak diuraikan dalam Ef. 4:17-24: tidak mengenal Allah, hidupnya sia-sia, pikirannya gelap, keras kepala, tidak punya rasa malu, dsb.
Dalam renungan kita kali ini, kita diingatkan kembali akan 3 hal penting. Pertama, sejak awal penciptaan, manusia hidup dalam keterhubungan kualitas dengan Allah. Setelah penebusan Yesus Kristus dari dosa yang merusak keterhubungan dengan Allah, maka kualitas hidup kita yang rusak itu dikembalikan kepada kualitas hidup yang baik dan benar sesuai dengan kehendak Allah. Kedua, kita diajak untuk menciptakan kembali budaya yang baik dan benar sesuai dengan gambar Allah. Budaya yang mendasarkan diri pada pola Allah, yaitu tabiat yang benar, lurus dan suci. Ketiga, kita juga diajak untuk secara kritis menilai budaya-budaya yang ditawarkan dunia kepada kita, supaya tidak larut dalam budaya-budaya yang menjauhkan kita dari keterhubungan kita dengan.
Tema: “Nggeluh I bas Tempas Dibata” (“Berbudaya”). Budaya di sini tidak hanya dipahami secara sempit sebagai budaya etnis tertentu, tetapi lebih kepada gaya hidup, pola hidup, cara berpikir, cara berperilaku. Budaya seperti apakah yang sedang kita wariskan saat ini? Itu menjadi perenungan kita bersama.

WARI PE-6-KEN
(Pdt. Larena br. Sinuhadji)

Invocatio :
Masmur 33:3
Oge :
Perbahanen Rasul-rasul 15:1-11
Khotbah :
Imamat 25:8-17
Tema :
“Ermeriah Ukurlah I Bas Tahun Jobel”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Perbahanen Rasul 15:1-11

Persidangen si pertama i Jerusalem ilitken erkiteken litna ajaren si berkembang kenca kalak non-Jahudi tek man Jesus maka adi la kalak enda isunatken la banci kalak enda terkelin. Pengajaren enda itentang Paulus ras Barnabas seh makana terjadi perjengilen si mesangat. Dungna ersada arih perpulungen guna mengutus Paulus, Barnabas ras piga-piga kalak anggota perpulungen berkat ku Jerusalem guna ncakapkenca man rasul-rasul ras pertua-pertua. Terjadi percakapen si alot kenca piga-piga kalak i bas kalak Farisi si enggo tek man Jesus ngatakenca maka si labo kalak Jahudi arus isunatken lebe ras ikutkenna Undang-undang Musa. Kenca si e me ersidang rasul-rasul ras pertua-pertua guna ncakapken persoalen e. Enggo pe ndekah persidangen e lalap lenga lit kesimpulenna. Kedungenna tedis Petrus, dingen alu berani ngataken kebenaren Firman Tuhan, maka la erndobahen idah Dibata kalak Jahudi ras non-Jahudi, ras si kalak non-Jahudi pe iakui Dibata alu mereken Kesah si Badia man bana pe. Kita ras teman-temanta si non-Jahudi terkelin erkiteken lias ate Tuhan. E maka ula sicubai Dibata alu namaken beban si mberat man ajar-ajar si labo kalak Jahudi si nini-nininta pe nai la ngasup mersansa, nina Petrus.

Imamat 25:8-17

Perikop enda ngerana kerna Tahun Penangtangen entah pe Tahun Jobel si ilakoken i bas tahun pe-limapuluh-ken. Dasarna, e me kap i bas wari pe-pituk-en, wari istirahat, wari pengadi-ngadin si man persembahenken man Tuhan saja (Kel. 20:8). Bage pe i bas tahun pe-pitu-ken, Tahun Sabat e me tahun pengadi-ngadin man juma kalak Israel, tahun siendesken man Tuhan (Im. 25:3). Janah i bas tahun Jobel e me kap 7X7 Tahun Sabat = 49 tahun, janah tahun pe-limapuluh-ken igelari Tahun Jobel/Tahun Penantangen. I bas wari e itandai alu sekalak si ngembus tanduk sebage momo man kerina negeri, gelah kerina penduduk negeri meteh maka i bas tahun e ibenaken tahun kebebasen man kerina penduduk. Erta si enggo idayaken arus mulih man empuna si gel-gel/man kesusurenna. Asa kai kalak si enggo idayaken jadi budak arus iulihken man keluargana. La banci erdahin i bas sada tahun e, ulih taneh si la iperjumai ngenca banci ipan. Mungkin secara logika pasti ngatakenca akan kekurangan, tapi nina Tuhan aminna pe la iusahai i bas tahun e, cukup nge nakanndu iberekenNa. Janah i bas tahun e ka maka iulihken man empuna kerna taneh warisen si enggo idayaken. E maka adi ndayaken entah pe nukur taneh sapih-sapih kalak Israel arus bujur, rikutken piga tahun nari taneh e banci mereken ulihna ngayak Tahun Penantangen si rehna. Adi tahunna melala denga, menganjang ergana, tapi adi piga-piga tahun nari ngenca, la ibahan meganjang ergana. Bisnis jual-menjual taneh arus ipalasi mbiar man Dibata. I bas bangsa Israel la banci terdaya taneh, sabab Dibata nge si empuna taneh e. “Tanah jangan dijual mutlak, karena Akulah pemilik tanah itu, sedang kamu adalah orang asing dan pendatang bagi-Ku” (Im. 25:23).
Arah Tahun Jobel/Penantangen jelas maka terjadi pemulihen man manusia ras kerina tinepa Dibata si deban. Pekesahken kita kenca erbintuas, erdahin. Pekesahken taneh, rubia-rubia si enggo sedekah enda nampati manusia guna banci menghasilken man manusia. Lit relasi si ipulihken nandangi budak, maka labo rasa lalap ia budak, maka posisina jadi manusia si bebas merdeka banci menentuken sendiri guna kegeluhenna.

KERANGKA RENUNGEN

Tahun Jobel e me Tahun Pembebasan/Penantangen, si tuhu-tuhu mereken sukacita man taneh, man budak, man kalak musil si sedekah enda lit utangna, ija erta warisenna si enggo idayaken iulihken man bana. Maksud Tuhan netapken Tahun Jobel enda e me kap menjamin keadilen ras njaga keseimbangen man doni enda. Sistem si iterapken i bas Tahun Jobel situhuna mehuli kel, i ja lit masana terjadi rekonsiliasi antara manusia ras Tuhan, manusia ras manusia, bage pe manusia ras tinepa Dibata si deban. Makna rekonsiliasi  si patut siteladani i bas kegeluhenta. Rekonsiliasi si terjadi labo antara kade-kade saja tapi ras kerinana relasi si lit (rekan bisnis, tuan ras hamba/pegawai, orang tua-anak, relasi ras alam sekitarna).
I bas tradisinta la lit tradisi bagi si ilakoken kalak Israel, walau pe akhir-akhir enda enggo lit mulai ilakoken tradisi saling memaafken i bas acara Natal entah pe Tahun Baru. Walau pe masih i bas lingkup antar keluarga/teman dekat ras hanya terjeng saling memaafkan tanpa iikuti alu mengembaliken taneh, barang, erta warisen si enggo idayaken, umpamana. Kita la bali ras kalak Jahudi, sebab kita enggo itebus Tuhan alu darehNa si badia. Ertina, setiap saat terjadi rekonsialiasi antara kita ras Dibata bage pe antara kita ras teman-temanta la perlu nimai waktu 7 entah pe 50 tahun bagi bangsa Israel. Setiap saat banci ilakoken, sabab kita enggo leben itebus Tuhan. Kita enggo itebus Tuhan alu darehNa si badia, e maka la lit nari perbedaan antara kalak bayak, ras si musil, erpangkat ras la erpangkat (Ogen).
Secara khusus, man banta kalak si tek, maka Tahun Jobel e me kap Tahun Penantangen, pembebasen i bas kuasa dosa ras maut. Geluhta enggo ipulihken Tuhan. Banci jadi la nari lit perbudaken tapi banci lit denga kita si terikat kuasa kedangingen, cian, la siakap senang keluarga entah pe temanta maju/sukses, elem-elem, rsd.

WARI PE-7-KEN
(Pdt. Larena br. Sinuhadji)

Bahan :
Lukas 22:14-20
Tema  :
“Persadanta Ras Jesus Erbahan Kita Megegeh”

PEMBAHASEN BAHAN ALKITAB

Lukas 22:14-20

Ope perikopta, Jesus enggo mereken perentah man Petrus ras Johanes guna erbahan persikapen man-man Paskah. Paskah memperingeti bebasna bangsa Israel i bas perbudaken Mesir nari (Luk. 22:7-13). Kenca seh jam man, kundul Jesus ras ajar-ajarNa janah ikatakenNa maka mesikel IA man ras ajar-ajarNa ope IA ngenanami kiniseran. Sekali nari Jesus mberitaken kerna kiniseran si bakal ialamiNa. Ibuat Jesus roti, ertoto IA ngataken bujur man Dibata. Icepik-cepikNa roti e jenari iberekenNa man ajar-ajarNa alu ngataken: “Enda me dagingKu si ibereken man gunandu, bahanlah bagenda guna peringet-ingeten  man BangKu.” Je nari ilanjutken Jesus alu muat calung, janah nina man ajar-ajarNa, “Arah calung enda Dibata erbahan padan si mbaru si isehken alu darehKu si mambur gunandu.”
Arah kai si enggo ilakoken Jesus ras ajar-ajarNa i bas perjamuan terakhir maka lit dua hal si nitekanken Jesus:
  1. Man Roti ras minem anggur ncidahken kiniersadan antara Jesus ras ajar-ajarNa bage pe kiniersadan di antara murid-muridNa.
  2. Man roti ras minem anggur merupaken peringet-ingeten kerna karya penebusen si enggo ibahan Jesus. Roti sicepik-cepik si merupaken simbol daging kula Kristus si ngenanami kiniseran isalibken, mate ras keke i bas si mate nari. Anggur merupaken dareh Tuhan Jesus si enggo mambur guna ngalemi dosa-dosanta.
KERANGKA RENUNGEN

Batu peringeten/monumen biasa idiriken dalam rangka mengenang jasa pahlawan. I Medan lit patung Jamin Ginting, Pahlawan Kalak Karo. I Surabaya lit Tugu Pahlawan si ibangun dalam rangka mengenang keberanian Arek-arek Surabaya mpelawes Belanda  Surabaya nari. I Jogyakarta lit monumen Yogya Kembali, si ibagun guna mengenang pertempuren Serangan 1 Maret 1949. Ras melala denga si deban.
Kai si ilakoken Jesus ras ajar-ajarNa pe i bas perjamuan malam terakhir ope IA ngenanami kiniseran, merupaken peringet-ingeten kerna kiniseran sialami Jesus i bas IA nebusi dosa-dosanta. Arah kita nginget kerna pengorbanen Tuhan Jesus, njemba kita semakin setia erkemalangen man baNa, tetap kita ngataken bujur dingen la kita mbiar i bas ngalaken erbage-bage kiniseran erkiteken Kristus (lihat penjelasan bahan renungan).
Sakramen Perjamuan Kudus/Lakon Persadan Si Badia itetapken gereja erpalas ku bas kai si enggo ilakoken Jesus ras ajar-ajarNa sebage peringet-ingeten kerna karya penebusen Jesus. Bas GBKP pelaksanaan Lakon Persadan Si Badia 4 kali ibahan, kenca dung Pekan-pekan 3 kali ras i bas Kebaktin Jumat Si Mbelin.
Tema : “Persadan Ras Jesus Erbahanca Kita Megegeh.” Arah Lakon Persadan Si Badia icidahken man banta persadanta ras Tuhan ras persadanta ras sapih-sapih kita. Kundul i bas sada meja ras Tuhan ras-ras man ras minem. Ope kita bengket ku bas Berita Si Meriah, maka Kalak Karo enggo nggeluh i bas persadan si nteguh. Runggu, erbahan rumah si waluh jabu alu ras-ras, ngeripe tupung lit keluarga/anak kuta kesusahen. Seharusna kenca kita enggo bengket ku bas Berita Si Meriah, kiniersadanta reh teguhna, sabab Kristus sebage palas kiniersadanta. Adi la kin megegeh kinitekenta, roh dunia, roh zaman banci erbahanca terkikis kiniersadan e. Egois, individualis, bengket ras mbeneken kiniesadan e. “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.” Kritus si enggo mpersadaken kita, kaya-miskin, dilaki-diberu, beda suku, beda negara. Ula kari hebaten kiniersadan merga asangken gereja, sabab gereja la banci mereken solusi erkiteken kurangna kinieradan. Gereja sebage kula ni Kristus si enggo lit erkiteken pengorbanen Kristus hadir sebage sira, terang man doni, nehken kekelengen alu la erayo-ayo, bernisiatif mereken solusi i bas lit masalah anggotana bage lingkungan i ja gereja hadir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar